Supaya Piala Dunia 2018 Tertib, FIFA Tetapkan Aturan Buat Suporter

Supaya Piala Dunia 2018 Tertib, FIFA Tetapkan Aturan Buat Suporter
Supaya Piala Dunia 2018 Tertib, FIFA Tetapkan Aturan Buat Suporter

Peraturan baru telah disiapkan FIFA belakangan ini. Dengan tujuan, untuk mentertibkan semua suporter yang hendak mendukung timnasnya di turnamen Piala Dunia 2018 Rusia.

Langkah tegas ini diambil FIFA untuk memerangi aksi vandalisme dari para holigan yang suka sekali membuat onar. Salah satu peraturan yang sudah ditetapkan adalah mengharuskan tiap-tiap individu suporter untuk memiiki kartu indentitas khusus suporter timnas. Dimana kartu yang juga akan berfungsi sementara sebagai visa tersebut, akan dipakai sebagai validasi untuk bisa masuk kedalam stadion.

“Kami tidak mau kerusuhan seperti di Piala Eropa Prancis lalu terulang lagi. Akibat dari cekcok suporter Rusia dan Inggris, banyak berjatuhan korban luka-luka dari penonton yang tidak bersalah”, ujarĀ Giovanni Vincenzo Infantino, Presiden FIFA periode 2017.

“Lagipula, saya juga sudah mendengar informasi dari tim intelijen. Sudah ada rencana balas dendam dari sebagian suporter timnas tertentu untuk menyerang suporter timnas lainnya di Piala Dunia 2018 nanti”, sambung pria kelahiran Swiss 47 tahun silam itu.

Nantinya, Piala Dunia 2018 akan digelar di 11 kota besar di Rusia pada bulan Juni. Walau sebelum ini, Rusia sempat dikenai denda dan nyaris dicoret dari Piala Eropa Prancis 2016 lalu akibat ulah liar para suporternya yang sangar-sangar itu.

Maka dari itu, FIFA betul-betul ingin menegakkan peraturan baru ini untuk mencegah kebrutalan para suporter domestik Rusia tersebut.